Rangkuman jurnal: Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa



Dahlia, M. P., Sondang, R. M. 2016. Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1): 1-6. http://jurnal.unimed.ac.id. Diakses 18 Desember 2016.
 


               Fisika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, karena pelajaran fisika bersifat abstrak dan harus diserap dalam waktu yang singkat, hal tersebut menyebabkan banyak siswa mengalami kegagalan dalam belajar. Metode pengajaran yang dilakukan oleh guru masih terpusat pada guru, dimana siswa cenderung disarankan untuk menghafal rumus daripada pemahaman konsep fisika yang benar.
               Untuk mengatasi masalah tersebut maka diujikan penggunaan sebuah model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan populasi sebanyak 3 kelas, kemudian teknik pengambilan sample dengan cluster rundom sampling, dan didapatkan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian digunakan anava 2X2, dengan variabel bebas yaitu model pembelajaran inquiry training, motivasi sebagai variabel moderator dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Dari hasil penelitian tersebut maka didapatkan hasil berupa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, serta siswa yang memiliki motivasi yang tinggi mencapai hasil belajar yang baik daripada siswa yang memiliki motivasi yang rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa.
               Model pembelajaran inquiry telah terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dan cukup strategis diteliti dalam pelajaran fisika kelas X SMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman jurnal: Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa

Dahlia, M. P., Sondang, R. M. 2016. Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa...