Dahlia, M.
P., Sondang, R. M. 2016. Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan
motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1): 1-6. http://jurnal.unimed.ac.id. Diakses
18 Desember 2016.
Fisika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan oleh siswa,
karena pelajaran fisika bersifat abstrak dan harus diserap dalam waktu yang
singkat, hal tersebut menyebabkan banyak siswa mengalami kegagalan dalam
belajar. Metode pengajaran yang dilakukan oleh guru masih terpusat pada guru,
dimana siswa cenderung disarankan untuk menghafal rumus daripada pemahaman
konsep fisika yang benar.
Untuk
mengatasi masalah tersebut maka diujikan penggunaan sebuah model pembelajaran
inquiry training. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan populasi
sebanyak 3 kelas, kemudian teknik pengambilan sample dengan cluster rundom sampling, dan didapatkan
kelas X-2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Desain
penelitian digunakan anava 2X2, dengan variabel bebas yaitu model pembelajaran inquiry training, motivasi sebagai
variabel moderator dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Dari hasil
penelitian tersebut maka didapatkan hasil berupa terdapat perbedaan hasil
belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana hasil belajar
kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, serta siswa yang memiliki
motivasi yang tinggi mencapai hasil belajar yang baik daripada siswa yang
memiliki motivasi yang rendah, serta terdapat interaksi antara model
pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa.
Model
pembelajaran inquiry telah terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar
siswa, dan cukup strategis diteliti dalam pelajaran fisika kelas X SMA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar