REVIEW JURNAL INTERNASIONAL
HUBUNGAN SITUASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR
Daftar pustaka :
Shalini, P. Sumitha. 2016. An
analysis of learning climate as determinan of academic achievement. International Journal of Advance Reaserch.
4 (4):934-938. http://www.journalijar.com/uploads/23_IJAR-9727. Diakses 30 September 2016.
Di review oleh : I Putu Arya Suryawan,
PPS TP Undiksha 2016.
“An Analysis of Learning Climate as
Determinan of Academic Acievement”
P.Sumitha Shalini
Department of Social Work, PSG
Collage of Arts and Science, Coimbatore
Prestasi
anak usia sekolah di wilayah Chhatarpur Mittal India
yang tidak sesuai dengan tingat pendidikan yang dimilikinya. Hal tersebut
berdampak banyaknya kasus seperti menurunnya motifasi belajar siswa, berubahnya fungsi
pendidikan di sekolah, perilaku siswa yang destruktif, stress, depresi dan
bahkan bunuh diri yang dilakukan oleh siswa dari tingkat rendah hingga tingkat
tinggi.
Yang menjadi penyebab dari keadaan
tersebut adalah status social dan ekonomi siswa, tingkat kecerdasan siswa dan
kurangnya motivasi untuk meningkatkan prestasi. Selain itu factor gender juga
menjadi pengaruh bagi menurunnya minat belajar siswa, karena siswa laki-laki
dituntut untuk lebih pintar dan berprestasi.
Dapat dilihat sebuah gagasan baru
dalam penelitian tersebut adalah memberikan informasi kepada keluarga dan
lingkungan sekitarnya bahwa anak yang sedang menempuh pendidikan dihindarkan
dari ganguan sosial dan tekanan yang berakibat menurunnya motivasi belajar dari
siswa tersebut. Dengan informasi tersebut diharapkan adanya dukungan keluarga
terhadap anaknya yang sedang menempuh pendidikan.
Metode yang dipakai dalam penelitian
tersebut yaitu chi-square dengan 100 sampel responden yang diambil di 16 Sekolah
Pemerintah di Coimbatore City, dimana setiap sekolah diambil 8 orang siswa yang
terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dengan sampling desain siswa
ranking 1,2 dan 3, dengan umur 9 sampai 12 tahun. Data tersebut diambil dari
data statistik Dinas Pendidikan di Coimbatore. Desain penelitian yaitu Deskriptif
dan Studi penelitian berisi data primer
dan data sekunder. Data primer akan dikumpulkan melalui metode kuesioner dari
responden, dan data sekunder melalui Pemerintah. Alat Pengumpulan Data berupa The
Learning Climate Kuesioner oleh Williams, GC, 1994. Analisis data menggunakan
SPSS ( Satistical Package for Social Science ) yang digunakan untuk tujuan menguji
penelitian.
Hasil dari penelitian tersebut
adalah dengan memperbaiki suasana belajar siswa maka didapatkan hasil dari
pengujian chi-square adalah 50% siswa menduduki level tertinggi, 46% siswa
menduduki level sedang dan 4% siswa menduduki level rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar