REVIEW JURNAL INTERNASIONAL TENTANG HUBUNGAN SITUASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR



REVIEW JURNAL INTERNASIONAL
HUBUNGAN SITUASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR

Daftar pustaka :
Shalini, P. Sumitha. 2016. An analysis of learning climate as determinan of academic achievement. International Journal of Advance Reaserch. 4 (4):934-938. http://www.journalijar.com/uploads/23_IJAR-9727. Diakses 30 September 2016.
Di review oleh : I Putu Arya Suryawan, PPS TP Undiksha 2016.

“An Analysis of Learning Climate as Determinan of Academic Acievement”
P.Sumitha Shalini
Department of Social Work, PSG Collage of Arts and Science, Coimbatore

            Prestasi anak usia sekolah di wilayah Chhatarpur Mittal India yang tidak sesuai dengan tingat pendidikan yang dimilikinya. Hal tersebut berdampak banyaknya kasus seperti menurunnya motifasi belajar siswa, berubahnya fungsi pendidikan di sekolah, perilaku siswa yang destruktif, stress, depresi dan bahkan bunuh diri yang dilakukan oleh siswa dari tingkat rendah hingga tingkat tinggi.
            Yang menjadi penyebab dari keadaan tersebut adalah status social dan ekonomi siswa, tingkat kecerdasan siswa dan kurangnya motivasi untuk meningkatkan prestasi. Selain itu factor gender juga menjadi pengaruh bagi menurunnya minat belajar siswa, karena siswa laki-laki dituntut untuk lebih pintar dan berprestasi.
            Dapat dilihat sebuah gagasan baru dalam penelitian tersebut adalah memberikan informasi kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya bahwa anak yang sedang menempuh pendidikan dihindarkan dari ganguan sosial dan tekanan yang berakibat menurunnya motivasi belajar dari siswa tersebut. Dengan informasi tersebut diharapkan adanya dukungan keluarga terhadap anaknya yang sedang menempuh pendidikan.
            Metode yang dipakai dalam penelitian tersebut yaitu chi-square dengan 100 sampel responden yang diambil di 16 Sekolah Pemerintah di Coimbatore City, dimana setiap sekolah diambil 8 orang siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dengan sampling desain siswa ranking 1,2 dan 3, dengan umur 9 sampai 12 tahun. Data tersebut diambil dari data statistik Dinas Pendidikan di Coimbatore. Desain penelitian yaitu Deskriptif  dan Studi penelitian berisi data primer dan data sekunder. Data primer akan dikumpulkan melalui metode kuesioner dari responden, dan data sekunder melalui Pemerintah. Alat Pengumpulan Data berupa The Learning Climate Kuesioner oleh Williams, GC, 1994. Analisis data menggunakan SPSS ( Satistical Package for Social Science ) yang digunakan untuk tujuan menguji penelitian.
            Hasil dari penelitian tersebut adalah dengan memperbaiki suasana belajar siswa maka didapatkan hasil dari pengujian chi-square adalah 50% siswa menduduki level tertinggi, 46% siswa menduduki level sedang dan 4% siswa menduduki level rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman jurnal: Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa

Dahlia, M. P., Sondang, R. M. 2016. Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa...