REVIEW JURNAL INTERNASIONAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP MISKONSEPSI DAN PRESTASI BELAJAR



REVIEW JURNAL INTERNASIONAL
 
Daftar pustaka :
Basman T, Arifin A & Muris M. 2016. The development of discovery-inquiry learning model to reduce the science misconception of junior high school students. International Journal of Enviromental & Science Education. 11 (12):5676-5686. http://www.journalijar.com/uploads/23_IJAR-9727. Diakses 30 September 2016
Di review oleh : I Putu Arya Suryawan, PPS TP Undiksha 2016.

“The Development of Discovery-Inquiry Learning Model to
Reduce the Science Misconception of Junior High School Students”
Basman Tompo, Arifin Ahmad, and Muris Muris
Universitas Negeri Makassar Indonesia.

               Para peneliti menemukan bahwa salah satu dari rendahnya kemampuan siswa di bidang ilmu adalah karena terjadinya kesalahan atau kesalahpahaman konsep ilmu di kalangan siswa. Masalah kesalahpahaman Sains telah menjadi masalah umum dan terjadi pada siswa di semua tingkat pendidikan. Dalam hal ini, berdasarkan survei awal yang dilakukan oleh peneliti untuk siswa SMP Negeri 2 Maros, Sulawesi Selatan telah mengidentifikasi kesalah pahaman Sains untuk siswa, yang berdampak pada rendahnya penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa. Dalam hal alat pembelajaran yang digunakan di sekolah-sekolah, para peneliti mengamati bahwa perangkat pembelajaran sains yang digunakan dan Lembar Kerja Siswa masih umum dan tidak secara khusus dirancang untuk mengurangi terjadinya kesalah pahaman Science.
               Para peneliti melihat bahwa salah satu penyebab dari kesalah pahaman Ilmu kalangan siswa SMP adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru IPA masih menggunakan paradigma lama, terutama Fisika masih mengajar Ilmu berdasarkan buku pelajaran, dengan penekanan pada pengajar dan sesekali bertanya. Siswa harus mengikuti cara belajar yang dipilih oleh guru dan patuh mempelajari urutan yang ditugaskan oleh guru. Siswa kurang untuk mendapatkan kesempatan untuk terlibat secara aktif. Pembelajaran umumnya ujian berorientasi demikian, hasil pembelajaran terjadi hanya transfer informasi dari guru kepada siswa. Belajar yang hanya menghafal konsep, teori atau formula, sehingga tidak memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep yang dipelajari.
               Model pembelajaran yang cocok untuk memungkinkan siswa dan diharapkan dapat mengurangi kesalahpahaman Science adalah model pembelajaran Discovery-Inquiry. Dengan model pembelajaran Discovery-Inquiry, siswa terlibat aktif dalam memperoleh konsep dan prinsip-prinsip serta guru mendorong siswa untuk mendapatkan pengalaman dengan melakukan kegiatan yang memungkinkan mereka untuk menemukan konsep dan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Penggunaan model pembelajaran inquiry-discovery tidak hanya relevan dengan langkah-langkah metodei lmiah, tetapi juga relevan dengan teori-teori belajar seperti teori Piaget kognitif, pengkondisian, dan konstruktif.
               Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Untuk memulai pengembangan penelitian ini, dilakukan penelitian awal untuk mengungkap konsep Ilmu yang rawan kesalah pahaman di kalangan siswa. Hasil penelitian pendahuluan digunakan sebagai bahan pendukung dalam pengembangan model pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maros Akademik Tahun 2015-2016. Karakteristik dari delapan  kelas SMP Negeri 2 Maros Akademik Tahun 2015-2016 relatif sama, karena proses pembentukan kelas secara acak lakukan dan bukan oleh tingkat kemampuan. Subyek penelitian dipilih 2 kelas dari 10 kelas yakni, VIII-A dan VIII-C.
               Berdasarkan penelitian tersebut dapat diperoleh hasil bahwa Efektivitas karena aktivitas siswa telah dicapai berdasarkan kriteria pencapaian waktu yang ideal. Umumnya, siswa memberikan respon positif terhadap penemuan penyelidikan model pembelajaran (DI). Kesalah pahaman Sains telah dikurangi untuk siswa secarasignifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman jurnal: Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa

Dahlia, M. P., Sondang, R. M. 2016. Pengaruh model pembelajaran inquiry training dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa...